Lokakarya Mini Evaluasi Kampung KB

Yulianti Mawarsih 27 November 2018 12:26:15 WIB

GEDANGREJO - Selasa (27 November 2018) di Joglo Pina Snack Dusun Tenggaran telah dilaksanakan Loka Karya Mini (LOKMIN) Evaluasi Kampung KB, Kegiatan ini dihadiri Camat Karangmojo (Drs.Marwata Hadi.M.Si), Puskesmas Karangmojo 1, Puskesmas karangmojo (Ibu Hastin), Kades Gedangrejo (Drs H Suminto), Babinkamtibmas Bejiharjo (Bripka Kuswandi), Babinkamtibmas Gedangrejo (Aipda Supriyono), Babinsa Gedangrejo (Sertu Purwanto), Babinsa Bejiharjo (Sertu Widodo), Perangkat Desa Bejiharjo, Gedangrejo dan Karangmojo. Hadir pula Ketua Tim penggerak PKK dari Desa Bejiharjo, Gedangrejo, Karangmojo.Kegiatan ini dihadiri oleh 35 orang tamu undangan.

Menurut Ibu Hastin, narasumber dari Puskesmas Karangmojo 2, Kampung KB sudah dicanangkan sejak 2 tahun yang lalu oleh Presiden RI Joko Widodo. Beliau berpesan bahwa keluarga yang sehat harus direncanakan. Sasaran Kampung KB sendiri adalah anggota keluarga, yang bertujuan agar setiap keluarga bisa hidup sehat dan sejahtera. Untuk saat ini Kampung KB yang sudah ada di wilayah Kecamatan Karangmojo yaitu dusun Bulu Desa Bejiharjo dan dusun Bulu Desa Karangmojo.

Berkaitan dengan Kampung KB, pemateri dari PLKB, Ibu Dinar menjelaskan bahwa penggunaan alat kontrasepsi, petugas tidak boleh menutup-nutupi terkait efek samping dari alat kontasepsi yang digunakan.

“Kegiatan hari ini merupakan langkah lanjutan yang belum teroptimalkan dari program Kampung KB” ungkap Camat Karangmojo (Drs.Marwata Hadi.M.Si). Dengan keberadaan Kampung KB ini diharapkan mampu memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. Semangat para kader di Dusun Bulu bisa mengoptimalkan fungsi keluarga dan dapat diterapkan di tengah-tengah keluarga. Dengan keberadaan kampung KB di Bulu Bejiharjo diharapkan akan lahir kampung - kampung yang lain, yang juga ikut tergerak.Mengacu dari tinjauan tim evaluasi DIY nanti akan segera digarap,mana yang harus dioptimalkan.

Pada kesempatan ini, ada beberapa masukaan dari peserta Lokakarya, diantaranya dari Kades Gedangrejo.Drs. H. Suminto, yang mengusulkan narasumber melibatkan dari unsur KUA dan instansi terkait yang lainya.Selanjutnya masukan dari Babinsa Gedangrejo. Sertu Purwanto,dengan adanya kecanggihan tehnologi berdampak banyak terkait anak-anak kita yang belum bisa memanfaatkan kegunaanya dan saat ini anak-anak memegang alat komunikasi/gadget tetapi banyak disalahartikan. Solusi apa untuk membatasi dan mencegah ke hal-hal bisa disampaikan kepada anak-anak kita untuk mendukung Bina Keluarga Remaja di masyarakat.Untuk tanggapan terakhir dari Sekdes Bejiharjo, Eni Lestari, mengucapkan terimakasih atas dukunganya sehingga kampung KB di Dusun Bulu Desa Bejiharjo dapat diwujudkan dengan baik.Selain itu diharapkan dari pihak terkait untuk memberikan pencerahan-pencerahan terkait permasalahan yang ada dimasyarakat. (purwanto)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo