Arisan Trah, Cara Ampuh Mengenal Saudara Satu Silsilah

Eko Sriyono 26 Juni 2017 13:02:47 WIB

GEDANGREJO - Trah adalah sekelompok insan yang saling memiliki hubungan kekerabatan satu-sama lain. Trah keluarga sebagai ajang  menjalin silaturahmi sangatlah tepat jika terus dilestarikan, hubungan kekeluargaan jangan sampai putus karena anggota keluarga tidak memahami silsilah keluarga.

Menurut keterangan  salah satu warga dusun Plumbungan sekaligus salah satu pengurus Trah Mbah Reso Sentono, Siswanto, trah ini dibentuk dengan tujuan  menjalin silaturahmi antar anggota  keluarga agar tidak putus persaudaraan .

"Tujuan dibentuknya trah ini adalah untuk menjalin tali silaturahmi atau dalam bahasa jawa kerap  disebut "nglumpukne balung pisan ben ora kepatèn obor" yang artinya setiap siapapun yang masih terhubung dalam trah dianggap sebagai bagian dari balung atau tulang  bagi yang lainnya," jelasnya kepada kontributor pada sebuah acara trah, Senin (26/06/2017) siang.

Supriyo, A.Md (Kepala Desa Karangmojo) menambahkan, " Pertemuan rutin digelar tiap satu tahun sekali, bertepatan dengan Lebaran hari kedua, dengan lokasi bergantian. Dan kebetulan kesempatan ini bertempat di kediaman Bapak Tukiyar, mertua dari Ibu Yulianti (Sekdes Gedangrejo)." disela-sela acara.

Tak dapat dipungkiri, pertemuan trah memang sangat berguna bagi kita untuk saling mengenal saudara satu silsilah. Maka dari itu kegiatan ini perlu dilestarikan supaya tidak punah dan tidak dilupakan anak cucu kita.

Komentar atas Arisan Trah, Cara Ampuh Mengenal Saudara Satu Silsilah

Nur Mahfiroh 02 Agustus 2021 15:10:31 WIB
Aku ingin mencari silsilah keluargaku
Alan Rizki Subarkah 03 April 2021 01:26:48 WIB
Ingin mencari trah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo