Kami Kehilangan Lar Badak!

GEDANGREJO 15 Agustus 2017 12:17:54 WIB

Salah satu ikon yang menjadi tanda orang luar daerah memasuki wilayah kraton Ngayogyokarto Hadiningrat adalah gapura Lar Badak. Gapura Lar Badak  dibangun di perbatasan kabupaten, desa, dusun atau jalan masuk ke permukiman penduduk. Untuk gapura di perbatasan kabupaten, bentuknya paling besar dan mengecil seiring jenis wilayah.

Hilangnya gapura Lar Badak  mulai terasa semenjak digelarnya lomba desa oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. Gapura Lar Badak  sudah mulai dirubah ke bentuk yang kekinian dan warga mengganti dengan tugu yang saat ini banyak dijual. Tidak ada peraturan yang mengharuskan gapura Lar Badak , sehingga mereka mengganti sesuai dengan model saat ini yang kebanyakan model pecinan. Kebanyakan masyarakat mengganti model gapura Lar Badak  dengan yang lebih modern karena ketidaktahuan mengenai Lar Badak  dan mencari mudahnya saja. Pembangunan Gapura Lar Badak  memang juga membutuhkan lahan agak luas, dan biaya agak lebih mahal.

Sesuai dengan perintah kraton Ngayogyokarto Hadiningrat, Gapura Lar Badak  mulai dibangun di daerah Gunungkidul sekitar tahun 1982. Dengan filosofi gapura Lar Badak , salah satunya ngayomi dan ngayemi (melindungi dan rasa tenang) kepada masyarakat yang membangunnya. Lar Badak  juga digambarkan sebagai sayap yang membentang menggambarkan keterbukaan diri menerima semua tamu yang masuk dengan segala keramahtamahan.

(Untuk lebih lengkap tentang filosofi Lar Badak  : Makna Filosofi Gapura "Lar Badak")

Bangunan dengan puncaknya terdapat kuncup melati ini, saat ini memang harus mulai dilestarikan. Di Desa Gedangrejo sendiri, keberadaan Gapura Lar Badak sudah bisa dihitung dengan jari. Kedepannya diharapkan pihak yang terkait dapat mensosialisasikan pelestarian bangunan gapura Lar Badak kepada masyarakat luas mengenai pemasangan dan pemeliharaan bangunan yang memiliki filosofi tinggi tersebut.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo