Dibalik Kemeriahan Upacara Adat Cing Cing Goling Gedangan Gedangrejo

GEDANGREJO 03 Agustus 2017 16:18:30 WIB

GEDANGREJO - Kamis (03/08/2017) Dusun Gedangan Desa Gedangrejo melaksanakan upacara adat Cing Cing Goling di areal persawahan Sungai Kedung Dawang. Acara tahunan ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur atas melimpahnya hasil panen pertanian. Kemeriahan acara ini sudah dinantikan oleh banyak orang. Baik warga Desa Gedangrejo dan sekitarnya maupun warga perantauan yang menurut pantauan tim redaksi di sosial media mengaku kangen dengan acara Cing Cing Goling ini. Tapi tahukah anda, cerita dibalik kemeriahan acara Cing Cing Goling ini? Berikut kutipan postingan terdahulu dari kami :

Dituturkan setelah peperangan antara Demak dan Majapahit, dan kekalahan pada pihak Majapahit, maka banyak keluarga kraton kerajaan Majapahit yang melarikan diri. Diantaranya Ki Wisang Sanjaya beserta istri, para abdi dalem yaitu Ki Tropoyo, Ki Honggonolo dan Ki Nolodongso (Pada beberapa versi menyebutkan bahwa Ki Honggonolo dan Ki Nolodongso adalah warga pribumi (bukan abdi dalem) yang menyambut kedatangan Ki Wisang Sanjaya, ada pula yang menyebutkan keduanya adalah gaman/senjata atau perbekalan yang melindungi Ki Wisang Sanjaya selama dalam pelarian.) Dalam perjalanan melarikan diri, banyak sekali gangguan yang didapat rombongan pelarian ini. Salah satunya dikarenakan oleh kecantikan istri dari Ki Wisang Sanjaya yang mengundang perhatian banyak orang. Saat melarikan diri itu pula, istri Ki Wisang Sanjaya mengangkat kain jarit yang dipakainya, untuk mempermudah dalam berlari (Jawa: Cincing) sehingga terlihat betisnya. Melihat Nyi Wisang Sanjaya "cincing", membuat pikiran para pengejar semakin "goling" (tidak bisa berpikir jernih) dikarenakan terangsang sangat hebat. Melihat mereka terus mengejar, Ki Tropoyo menggunakan cambuk atau cemeti pusaka yang mampu menghalau mereka. (Selengkapnya disini)

Ternyata dibalik kemeriahan fragmen yang dilakukan para pelakon Cing Cing Goling ada sebuah legenda yang menceritakan tentang kisah Ki Wisang Sanjaya,istri beserta abdi setianya.

Pada kegiatan upacara adat tahun ini, hadir Staf Ahli Pembangunan Gunungkidul (drh. Krisna Berlian), Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul (Drs. Sariyanto), Camat Karangmojo (Drs. Wastana) beserta jajaran Muspika, Kepala Desa Gedangrejo (Drs.H.Suminto) beserta perangkat desa Gedangrejo serta tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Berikut ini video pendek Cing Cing Goling dari akun Facebook Sumardamto Purnomo :

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo