Kader POSBINDU Karangwetan 2 Jemput Bola Ke Masyarakat

Yulianti Mawarsih 26 Juli 2017 08:48:47 WIB

Kegiatan Pos Pembinaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam rangka deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan. Posbindu bisa dikatakan sebagai kegiatan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Manfaat atau tujuan dari posbindu umumnya lebih kepada meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia. Dan lebih dikedepankan terhadap kontrol Penyakit Tidak Menular (PTM). 

Kegiatan yang biasanya sering dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan posbindu di masyarakat ini adalah pemeriksaan fisik, mulai dari urin, tekanan darah, berat badan, tinggi badan. Jika ada keluhan maka bisa dirujuk ke Puskesmas. Biasanya petugas puskesmas akan ikut membina kegiatan ini karena ini juga menjadi salah satu program UKM yang bersumber daya dari masyarakat itu sendiri.

Ibu Dukuh Karangwetan 2, Widia pada hari Selasa (25/07/2017) menuturkan "Kegiatan Posbindu, meliputi penimbangan, ukur tinggi badan, berat badan, lingkar perut. Dari pintu ke pintu, karena jika dikumpulkan kurang maksimal. Maka kami memudahkan warga dengan berkunjung, biar tersasar semua. sekalian silaturahmi." 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo