Kalurahan Gedangrejo Sukses Melaksanakan Cing-Cing Goling

Pustaka Gedangrejo 28 Juli 2022 09:23:14 WIB

Gedangrejo, 28 Juli 2022 (SIDA SAMEKTA) Pemerintah Kalurahan Gedangrejo, Kapanewon Karangmojo yang Di fasilitasi Oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY Dengan Dana Keistimewaa Tahun 2022, Menyelenggarakan Upacara Adat Cing Cing Goling di Area Kedung Dhawang, Padukuhan Gedangan, Gedangrejo, Karangmojo.

Cing-cing Goling Adalah Salah satu upaacara tradisi yang masih lestari diwilayah Gedangan, Gedangrejo, Karangmojo.

Upacara adat tersebut merupakan bentuk penghormatan terhadap leluhur yang memulai wilayah Gedangan. Upacara ini dilaksanakan antara bulan mei, juni atau juli yang bertepatan setelah selesainya masa tanam yang kedua. Upacara adat cing-cing Goling ini diadakan pada hari senin wage atau kamis kliwon sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh kasepuhan atau leluhur tanah Gedangan. Prosesi upacara ini dilaksanakan pada sekitaran area bendungan kedung dawang yang merupakan tempat asal muasal yang menjadikan tanah mereka subur dan hasil pertanian melimpah. Tentu dalam upacara adat ini menggambarkan rasa syukur warga masyarakat Gedangan keapda Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang telah mereka terima dari hasil pertanian serta untuk mengenang jasa dan perjuangan dari Raden Wisang Sanjaya beserta istri dan abdinya yaitu Eyang tropoyo dan Eyang Yudopati. Upacara ini dilaksanakan sekali dalam setahun dan seiring berjalannya waktu dikenal sebagai Upacara Adat Cing-Cing Goling.

Upacara Adat Cing-cing Goling Di Kalurahan Gedangrejo Dihadiri Oleh Perwakilan Paniradya, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Bupati Gunungkidul, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Gunungkidul, Kemendikbud, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, DPUPR Kab. Gunungkidul, Panewu Karangmojo, Kapolsek dan Danramil Karangmojo

Tim Monitoring Kundha Kabudayan DIY Sangat Mengapresiasi Terselenggaranya Acara Ini “Penyelenggaraan acara dengan Danais 2022 sebagai wujud dukungan nyata Pemda DIY terhadap pelestarian budaya tradisi yang dimulai dari masyarakat,” katanya.

Selain Kundha Kabudayaan DIY. Bupati Gunungkidul, Sunaryanta Menghimbau Kepada Masyarakat Agar Menjaga dan Melestarikan Upacara Adat Yang Ada Di Kalurahan Gedangrejo Ini “Tradisi ini harus tetap dilestarikan sebagai salah satu warisan budaya di Gunungkidul” Terang Sunaryanta.

Selain itu, Upacara Adat Cing Cing Goling Di Kalurahan Gedangrejo Ini akan Dibawa Oleh Kemendikbud Sebagai Salah Satu Kegiatan Yang Akan Ditampilkan Di G20 Indonesia 2022 Beberapa Bulan Kedepan.

Lurah Gedangrejo, Drs.H.Suminto Berterima Kasih Kepada Semua Pihak Yang Telah Ikut Berpartisipasi Dalam Acara Ini. Baik Tenaga, Pikiran Maupun Partisipasi Lainya.

Upacara Adat Cing Cing Goling Ini Terlaksana Dengan Anggaran Kurang Lebih Rp. 750.000.000,00 (Tujuh Ratus Lima Puluh Juta) Menggunakan Dana Keistimewaan DIY.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo