Usum Bediding dan Cara Menangkal Dampak Buruknya

Jurnalis Warga 18 Juli 2017 21:51:50 WIB

GEDANGREJO - Musim dingin atau biasa disebut usum bediding oleh masyarakat Jawa, biasanya sangat identik dengan musim demam serta flu. Cuaca dingin yang ekstrim terkadang juga merupakan momok bagi penderita rematik atau penyakit sendi lainnya.

Sejauh pengamatan pada salah satu tempat praktik dokter di Gedangan 3, Selasa (18/07/2017), yaitu dr. I Made Susena Budi, kebanyakan pasien yang berkunjung adalah para lansia. Menurut dr. I Made Susena Budi sendiri, hal ini disebabkan oleh cuaca yang lumayan ekstrim ditambah daya tahan/kekebalan tubuh yang menurun.

Berikut ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita selama usum bediding, seperti dibawah ini :

1. Minum air putih 8 gelas per hari. Dengan datangnya usum bediding, dan terkadang membuat kita sering buang air kecil, tidak ada yang lebih penting untuk mengonsumsi air dalam jumlah yang tepat demi kesehatan tubuh.

2. Jaga stres seminimal mungkin dengan jam kerja yang wajar. Usahakan setidaknya satu hari per minggu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman untuk bersantai.

3. Mengkonsumsi makanan sehat. Mempertahankan pola makan baik dengan banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar, dan daging organik.

4. Berolahraga teratur. Penting untuk berolahraga secara teratur, bahkan jika hanya 15 menit sehari. Terkadang menyapu halaman yang dipenuhi daun jati kering diselingi membakar singkong pun sudah dapat dikategorikan olahraga ringan di pagi hari (pengalaman pribadi)

5. Tidur cukup setiap malam. Rata-rata manusia membutuhkan 6-8 jam tidur setiap malam. Jika tidak cukup tidur, tubuh akan sangat rentan terkena penyakit. Hindari begadang bila tiada artinya #eh...

6. Cuci tangan sebelum makan. Jangan sampai bakteri dan virus berkembang biak di tangan.

7. Kurangi merokok, karena merokok akan menurunkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan.

Lebih baik menjaga dan mencegah daripada mengobati. Jangan salahkan usum bediding jika kita mulai terserang sakit, tapi tanyakan kepada diri sendiri, kita sudah menjaga diri sendiri ataukah belum. (Titik Murwani)

 

 

Komentar atas Usum Bediding dan Cara Menangkal Dampak Buruknya

Tutik 20 Juli 2017 11:43:35 WIB
Iya, pas saya nganter anak periksa kesana, juga banyak simbah2 yang periksa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo