Remasholika, Geliat Remaja Masjid dari Kaki Gunung Batur Agung Karangwetan

Jurnalis Warga 10 Juli 2017 08:15:12 WIB

GEDANGREJO - Ditengah era modernisasi yang semakin menjadi ini, pendidikan keagamaan haruslah diberikan sejak usia sangat dini. Hal ini untuk mengatasi semakin terkikisnya tingkat keimanan karena kesibukan duniawi, imbas dari modernisasi tersebut. Adalah REMASHOLIKA (Remaja Masjid Sholikin Karangwetan), salah satu wadah remaja masjid yang ada di Dusun Karangwetan 2 Desa Gedangrejo. Masjid yang terletak tepat di kaki Gunung Batur Agung ini, sangatlah getol dalam mengajak dan mengajari ilmu keagamaan kepada anak-anak di Dusun Karangwetan 1 dan Karangwetan 2. Mulai dari membaca Al Quran, hafalan surat pendek, hafalan doa sehari-hari dan lainnya.

Salah satu ustadzah, Fitri Handayani (28), saat ditemui pada hari Sabtu (08/08/17) menuturkan bahwa biasanya kegiatan TPA Masjid Sholikin diadakan pada hari Kamis dan Minggu, mulai dari pukul 13.00 dan berakhir pukul 14.30 WIB. Namun pada masa liburan ini, kegiatan diadakan setiap hari, mulai dari pukul 15.30 dan berakhir pukul 16.30 WIB. Jumlah santriwan santriwati yang hadir terkadang lebih dari 35 anak. Namun sayang, pada saat tim SID berkunjung, jumlah anak yang hadir hanya 20-an anak. Sayang sekali juga, kami belum bisa mewawancarai Bapak Tuparno selaku takmir masjid.

Metode pengajaran santri pun sangat menarik. "Setelah santriwan santriwati diberi materi hafalan, biasanya kami akan membuat kuis untuk hafalan di depan teman-temannya. Selain untuk evaluasi, juga untuk melatih keberanian santriwan santriwati", ujar Fitri Handayani. Para santriwan santriwati pun sangat antusias mengikuti metode ini. Salah satu contohnya adalah Fino (10), santriwan satu ini sangat senang dengan metode pengajaran para ustad dan ustadzah dari Remasholika. "Tidak galak, pokoke nyenengke mas", ujar Fino. Saat ditanya dari mana dana untuk pembiayaan kegiatan TPA tersebut, Fitri Handayani menjawab "Saya dan teman-teman membuat sebuah group yang setiap bulannya mengadakan iuran rutin. Hasil iuran ini ditambahkan bersama infak masjid, sebagian digunakan untuk pengadaan peralatan TPA seperti Iqro, Al Quran, Kartu Prestasi Santri dan lainnya. Selain itu, juga kami pergunakan apabila masjid ini ada kegiatan keagamaan". pungkas Fitri Handayani. Sebelum kami berpamitan, Fitri Handayani menambahkan, "Kami saat ini sangat butuh bantuan pengajar/ustad. Ada program dai hijrah dari Ponpes Al Hikmah, tapi hanya saat bulan Ramadhan saja. Maka dari itu, jika ada sedulur yang berminat berinfak untuk kelancaran TPA atau menyumbangkan waktu dan tenaga menjadi ustad di masjid ini, kami sangat berterima kasih".

Itulah sedikit tentang Remasholika, sebuah bentuk kepedulian remaja terhadap pendidikan agama di dusun Karangwetan 2 dan sekitarnya. Jika Anda mengunjungi Gunung Batur Agung, jangan lupa mampir menjumpai adik-adik kita disana.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo