Sambatan, Budaya Sosial Yang Masih Terjaga Di Desa Gedangrejo

Eko Sriyono 04 Juni 2017 10:16:07 WIB

Di pedesaan ada beberapa macam gotong royong, diantaranya sambatan, grebuhan, gugur gunung dan masih banyak lagi istilah lainnya. Yang akan kita bahas saat ini, adalah budaya sosial sambatan. Budaya sambatan memang masih lekat dengan masyarakat pedesaan, tak terkecuali Desa Gedangrejo. Sambatan yang berasal dari kata sambat, yang berarti berkeluh kesah. Secara luas sambatan berarti kegiatan bergotong royong dengan rasa kekeluargaan yang sasarannya perseorangan. Contohnya apabila ada tetangga yang kesusahan pada saat memperbaiki atau membangun rumah, secara otomatis warga sekitarnya akan secara sukarela datang membantu. Hal ini ini dipengaruhi adanya rasa pekewuh yang masih kuat tertanam.

Budaya sambatan ini ternyata juga berlaku pada pelaksanaan kegiatan stimulan jamban sehat Desa Gedangrejo yang sudah berjalan. Dukuh Jlantir 1, Slamet Ariyanto selaku salah satu tim menuturkan,"Disini sudah biasa apabila ada sambatan, tidak pandang bulu semua terjun langsung membantu."
"Malah ini Pak Ir.Sunarjo, selaku Ketua LPMD Desa Gedangrejo, mau membantu sebagai salah satu tukang pembangunan jamban." tambah Slamet Ariyanto.

Kearifan lokal bernama sambatan ini harus tetap kita jaga agar besok bisa kita wariskan ke anak cucu dan generasi penerus. Sehingga kelak semua tidak hanya dinilai dari materi namun juga dinilai dari rasa ikhlas membantu sesama tanpa pamrih.

Komentar atas Sambatan, Budaya Sosial Yang Masih Terjaga Di Desa Gedangrejo

Admin 03 Juli 2017 15:52:24 WIB
Mohon dukungannya ya pak
Sunaryo 05 Juni 2017 10:23:57 WIB
Kelingan jaman iseh neng kampung, setiap sambatan mesti ono kimpul godog karo uwi godog... Maju terus Gedangrejo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Kabar Desa Gedangrejo

Fitur Desa Gedangrejo

Laporan Dana Desa Gedangrejo WhatsApp Desa Gedangrejo Cek Status Permohonan KTP Perpustakaan Desa Gedangrejo